Loading...
OPINION

7 Alasan mengapa Programmer pakai MacBook ?

Dalam memilih suatu komputer atau platform komputer kadang kita harus menyesuaikan dengan profesi atau pekerjaan apa yang akan dibutuhkan. Salah satunya yaitu para Programmer atau Software Developer dalam memilih komputer atau laptop yang tepat untuk pekerjaan mereka. Berikut 7 alasan nya dibawah ini :

    MAC = UNIX

7 Alasan Mengapa Programmer Pakai Mac dan MacBook

Buat kalian yang belum tahu semenjak Mac OS X versi awal, Apple sudah membangun sistem operasi tersebut dari Unix. Tentu saja berbagai macam teknologi Unix seperti command-line, bash, POSIX compliant, dan lain sebagainya tersedia di macOS. Lalu apa bedanya dengan Linux?
Berbagai distro Linux seperti Ubuntu dibangun dari GNU/Linux yang sebenarnya adalah tiruan dari Unix, alias Unix-like. GNU/Linux sejauh ini tidak tersertifikasi oleh Open Group sebagai UNIX. Open Group adalah perusahaan yang memiliki lisensi dan hak paten untuk melakukan sertifikasi UNIX. Sedangkan Mac OS X atau macOS yang memang dibangun dari Unix, kini sudah tersertifikasi UNIX dari Open Group.

Beli Mac, Langsung Pakai 


7 Alasan Mengapa Programmer Pakai Mac dan MacBook

Dengan membeli komputer Mac, Programmer dan Software Developer sudah mendapatkan komputer yang siap pakai, sudah terinstal sistem operasi, driver, puluhan software bawaan yang berguna, dan lain sebagainya.
jadi untuk para Programmer dan software developer tentu tidak lagi repot memikirkan berbagai hal seperti instalasi OS, instal driver, dan lain sebagainya. Macbook bisa langsung dipakai.

Ekosistem Apple

7 Alasan Mengapa Programmer Pakai Mac dan MacBook

Mengembangkan aplikasi iOS, watchOS, tvOS, dan tentu saja macOS membutuhkan komputer MacBook. Kamu bisa saja ngoding dengan Visual Studio di PC Windows, namun tetap saja untuk bisa menggunakan seluruh fiturnya, seperti deploy ke perangkat iOS, kamu tetap perlu Mac. Untuk Web Developer misalnya, para Web Developer juga memiliki kesempatan untuk mencoba situs mereka di Safari yang notabene merupakan web browser eksklusif di platform Apple, seperti iOS & macOS.

Software macOS Melimpah

Sebagai sebuah sistem operasi Unix-like, tentu saja Linux sering dibandingkan dengan Mac yang merupakan Unix-like sekaligus Unix-based. Sehingga kadang developer dan programmer bingung menentukan pilihan mereka karena berbagai command Unix bisa berjalan. Ada salah satu kelebihan macOS pada komputer Mac yang tidak dimiliki oleh berbagai Distro Linux yaitu ketersediaan software yang melimpah seperti layaknya PC Windows. Sebut saja software dari Adobe, Microsoft, dan berbagai software dari perusahaan besar lainnya. Pengguna Linux hanya bisa menggunakan software Open Source sebagai alternatif. Uniknya, berbagai software alternatif di Linux tersebut juga tersedia di macOS. Ketika banyak programmer bingung mau pilih Windows yang punya software melimpah atau pilih Linux yang merupakan sistem operasi Unix-like namun minim software, tinggal pakai saja Mac karena macOS ini bisa dibilang adalah kombinasi sistem Unix dengan dukungan berbagai software melimpah seperti Windows.

Lebih Aman

Tentu saja macOS ini cenderung lebih aman. Salah satu hal yang membuat macOS lebih aman adalah virus yang lebih sedikit menyerang macOS dibandingkan virus yang diciptakan untuk menyerang Windows. Tak heran jika Apple tidak memberikan Antivirus bawaan, serta banyak pengguna Mac percaya diri tidak menginstal software Antivirus ke Mac.

Kualitas Hardware Komputer

Alasan lain yang biasanya dipilih oleh para programmer dan developer aplikasi adalah karena Mac dan MacBook dianggap memiliki kualitas hardware yang lebih baik sehingga banyak yang menganggap sebagai investasi yang sangat bagus.

Bisa Install Windows

Hasil gambar untuk kenapa programmer pake mac

Meskipun Mac dan MacBook bawaannya menggunakan macOS, tapi Mac dan MacBook bisa diinstall Windows. Jadi jika memang membutuhkan Windows, programmer dan software developer bisa install Windows ke Mac. akan tetapi Windows juga bisa diinstal di Mac dengan cara yang legal. Apple menyediakan metode cara install Windows ke Mac dengan nama “Boot Camp” yang sangat cepat dan mudah. Tidak seperti Hackintosh, sebuah metode cara install macOS ke PC Windows. Hackintosh ini tidak resmi, atau bisa dibilang “ilegal”.

Bagaimana? Kamu programmer dan software developer?

Source by https://macpoin.com/122596/programmer-developer-pakai-mac/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× ISI FORM PEMBELIAN DISINI